08.00-21.00
081331396965
081331396965
Jumlah = pcs
Keranjang

5 Tips Jitu membedakan Toko Online yang Terpercaya dengan yang Palsu

Selasa, Oktober 30th 2018.

Wajib baca 5 Tips Jitu cara membedakan Toko Online yang Terpercaya dengan yang Palsu !!!

5 Tips Jitu membedakan Toko Online yang Terpercaya dengan yang Palsu

Benar tentu kita sebagai pemula sering kali merasa kesulitan menentukan toko online, pusat grosir, agen ataupun suplier  yang benar-benar bisa dipercaya. Untuk mempermudah kita ambil contoh saja dalam belanja FASHION khususnya baju muslim beserta jilbabnya. Mungkin lebih mudah kalau distributor tersebut mempunyai toko fisik yang bisa kita cek kebenarnya. Akan tetapi kalau kita sedang mencari suplier hijab yang online, akan menjadi lain ceritanya. Karena dalam sistem Jual Beli online faktor trust atau kepercayaan adalah hal yang paling utama

5 Tips Jitu membedakan Toko Online yang Terpercaya dengan yang Palsu

Karena dari pengalaman saya sendiri sebelum tahu triknya. Saya akan coba-coba belanja 1 produk dulu dengan harga yang tidak terlalu besar pada salah satu website toko online. Setelah memang benar- benar terkirim baru saya berani belanja dalam nominal yang lebih besar lagi. Akan tetapi ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memastikan barang yang kita order bisa sampai di tangan kita.
Kalau kita membeli barang untuk dipakai sendiri bisa saja belinya di market place ecomerce seperti bukalapak, bli-bli, shopee,tokopedia, lazada.

Tetapi pedagang yang tergabung di ecomerce tersebut bukanlah pedagang besar. Karena pada umumnya mereka hanya melayani end user atau pembeli langsung. Jadi harganya bukan harga grosir yang mempunyai kecenderungan lebih mahal. Padahal kalau kita sebagai pebisnis akan mencari dari produsen langsung untuk bisa dijual lagi dan mendapatkan keuntungan dari barang yang dijual kembali. Begitu juga dalam mencari suplier besar yang terpercaya kita harus bergerak cepat. Untuk menjaga moment dan kesempatan, karena waktu adalah peluang untuk mendapatkan keuntungan. Akan tetapi pada umumnya suplier tidak menjual produk secara eceran, jadi kita harus belanja dengan jumlah barang atau nominal tertentu.

5 Tips Jitu membedakan Toko Online yang Terpercaya dengan yang Palsu sangat perlu kita perhatikan.

Apakah Bunda juga pernah mengalami hal tersebut?
Bunda-bunda ingin mencari tahu tekniknya bagaimana melihat grosir kerudung online atau toko online bisa dipercaya apa tidak?

Tentu semua Bunda yang ingin belanja / kulakan secara online dari suplier, distributor, koveksi atau bahkan pabriknya secara langsung dengan aman tanpa kuatir terjebak pada pedagang nakal atau abal -abal.

5 Tips Jitu membedakan Toko Online yang Terpercaya dengan yang Palsu

Baiklah saya akan coba memberikan 5 trik untuk mengetahui terpercaya tidaknya toko online
1. Harga Barang
2. Situs atau Alamat Website
3. Alamat fisik toko tersebut
4. Nomor rekening
5. Testimonial

Sekarang mari kita bahas satu persatu 5 Tips Jitu membedakan Toko Online yang Terpercaya dengan yang Palsu

HARGA BARANG
Perhatikan Barang-barang yang dijual secara online memang sering kali lebih murah dibandingkan barang yang dijual di toko offline. Tetapi selisih harganya tidak akan terlalu jauh. Apabila terlalu murah, misalnya sampai setengah harga dari harga pasaran, maka sebaiknya Anda sangat berhati-hati. Karena pedagang online tetap mengambil keuntungan dari barang yang dijualnya tetapi lebih kecil keuntunganya dibanding toko offline. Karena biaya operasional toko online tidak sebesar yang dikeluarkan toko yang menyewa atau membeli ruko untuk menjual barang dagangannya.

Kalau ada toko online yang menjual misalnya baju gamis wanita merk A dengan harga Rp. 80 ribu padahal anda juga tahu kalau harga gamis tersebut ditoko Lainnya dikisaran Rp.130 ribu,dan merk A tidak pernah menjual produknya sampai harga 80 ribu. Hal itu patut anda fikirkan keaslian atau patut dicurigai sebagi toko abal-abal. Modus yang sering terjadi mereka beralasan barang sisa eksport , sale, harga promosi. Tetapi setelah anda transfer barang tidak akan bisa dikirim, dsb.

SITUS ATAU ALAMAT WEBSITE
Bagi Anda yang berlokasi di luar kota dan tidak memungkinkan untuk melakukan pembelian langsung di toko (COD),
perhatikan alamat websitenya. Apabila toko online tersebut menggunakan website gratisan, maka Anda harus ekstra hati-hati. ( TETAPI tidak semua website yang tidak berbayar adalah website penipu) Untuk mengetahui web tersebut gratisan atau bukan dapat dilihat dari alamatnya. Bila berakhiran misalnya (nama toko).blogspot.com atau (nama toko).wordpress.com atau yang lainnya yang tidak langsung .com / co.id / .co / .info (ada embel-embel nama lainnya), maka web tersebut adalah gratisan.

Apabila kita sebagai penjual kalau memang berniat untuk berdagangn secara online, maka akan rela mengeluarkan biaya untuk membuat website, sewa hosting, beli domain dan biaya mengurusnya. Ciri-cirinya, pada nama website langsung diakhiri dengan (nama toko).com ,(nama toko).id atau (nama toko).co.id. Contoh web berbayar: www.tirtastyle.com (tanpa akhiran .blogspot.com / .wordpress.com )

• Tetapi situs website berbayar tidak 100% jaminan bahwa toko tersebut jujur, karena saat ini ada juga website penipuan yang menggunakan alamat berbayar. Kami hanya ingin mengatakan bahwa Anda perlu memberikan perhatian lebih bila toko online menggunakan web gratisan. Seperti website PemenangUndian.blogspot.com Untuk memastikan apakah penjual tersebut jujur atau tidak. Bisa juga di browsing mulai kapan website itu di buat. Cek di www.polisionline.com serta ada no hp yang bisa di telusuri di google.

ALAMAT FISIK TOKO TERSEBUT
Walaupun berjualan secara online pihak penjual pasti mempunyai tempat/toko/rumah/pabrik buat usahanya. Kalau tidak ada alamat yang di cantumkan di dalam website anda perlu extra berhati hati. Anda bisa cek di maps atau google street view posisi yang sebenarnya dari toko tersebut.

NOMOR REKENING
Toko online yang terpercaya biasanya menggunakan nama rekening yang sama walau berbeda bank. Sedangkan penipu biasanya hanya memiliki satu nomor rekening atau memiliki beberapa rekening dengan nama pemilik yang berbeda-beda. Jadi bila Anda menemukan toko online yang memiliki beberapa rekening, dengan nama pemilik yang berbeda, misalnya Rekening BRI atas nama Joice, Rekening Bank BCA atas nama Ryan sedangkan Rekening BNI atas nama Inem, sebaiknya Anda lebih berhati berhati-hati lagi.

TESTIMONI ATAU REVIEW
Saat ini testimoni bisa dijadikan REFERENSI , bisa kita lihat berapa banyak customer yang telah bertransaksi di toko tersebut. Seperti kalau saya akan melakukan traveling ke suatu kota dan berniat akan menginap beberapa hari. Saya akan browsing dulu hotel mana yang mempunyai jumlah ulasan yang banyak dan umumnya reviewnya juga bagus. Seberapa banyak yang puas dengan pelayanannya dan berapa banyak yang memberikan ulasan negatif atau tidak puas(kecewa) bahkan tertipu dengan fasilitas yang ditawarkan. Begitu juga dengan onlineshop.

Pada umumnya toko online atau website penipu tidak akan berani menampilkan testimoni atau memang tidak ada yang memberikan testimoni pada halaman website mereka. Ini adalah contoh testimoni yang ada di halaman website yang bisa di percaya http://www.agenjilbabsurabaya.com/testimoni/

Dan biasanya toko online yang bonafid dan memang terpercaya mempunyai bisnis lokal yang ditampilkan di google bunda bisa cek lagi ulasan yang natural lainnya di google my bussines. Seperti yang ada dibawah ini :

http://bit.ly/ReviewTirtaStyle Karena kalau toko online yang terdaftar di google my bussines hampir dapat dipastikan 100% asli ada tokonya. Karena alamat sudah pasti di verifikasi dulu oleh google alamat fisik toko tersebut. Kalau sesuai baru nama toko tersebut bisa ditampilkan di listingan Google My Bussines.

 

5 Tips Jitu membedakan Toko Online yang Terpercaya dengan yang Palsu

Itulah 5 Tips Jitu membedakan Toko Online yang Terpercaya dengan yang Palsu yang bisa di jadikan salah satu acuan untuk berbelanja online secara aman. Hal ini sudah saya terapkan kalau saya akan berbelanja online. Dan Syukur Alhamdulillah sampai saat ini tidak pernah ketipu pedagang online abal-abal.
Selamat berbelanja online dengan lebih aman.

Rp 19.000
Rp 38.000
Rp 35
Rp 27.000
Rp 25.000
Rp 37.500